Ketahuilah Sebelum Terlambat..!!! Begini Cara Membedakan Telur Ayam Sehat dan Tidak Sehat Untuk Tubuh Kita,.Mohon Bantu Sebarkan Pada Semua Rekan.

Telur ayam sangatlah akrab di kehidupan kita sehari-hari sebagai sumber pangan berprotein tinggi. Telur biasanya dihidangkan dengan cara digoreng, didadar maupun hanya direbus demikian saja. Telur juga yaitu bahan utama dalam pembuatan berbagai jenis makanan seperti cake, kukis, roti serta lain sebagainya. 

Cara Membedakan Telur Ayam Sehat Serta Tidak Sehat 

Telur yang baik dibuat dari ayam yang sehat. Ayam yang sehat punya konsumsi gizi yang baik dari makanan yang diperoleh di peternakan. Nutrisi yang diperoleh seekor ayam akan diteruskan ke telur mereka. 

Ayam-ayam yang akan lebih sehat hidup dengan leluasa mencari makan seperti serangga serta hewan kecil lainna di alam terbuka, dengan aliran udara yang segar sampai mereka bisa menghasilkan telur-telur yang sehat serta bermutu tinggi. Namun ayam jaman saat ini biasanya hidup dalam kandang. Ayam-ayam ini tidak punya cukup ruang untuk beraktivitas, bahkan tidak bisa saksikan matahari, makanannya yaitu makanan pakan. 

Karena telur yaitu bahan makanan yang bergizi, relatif murah serta mudah di ketahui jadi sebaiknya kita ketahui seperti apa telur yang sehat serta baik kualitasnya serta yang buruk mutunya. 

Untuk tahu Ciri-ciri telur dengan kualitas yang baik, perhatikan beberapa hal berikut : 

1. Ketebalan Cangkang atau kulit Telur 

Lihatlah cangkang atau kulit telur, telur yang baik bakal punya kulit atau cangkang yang cukup tebal serta tak  transparan serta cukup susah untuk meretakkannya. Jika kulit telur terlihat transparan bila diketuk begitu mudah retak serta pecah bisa di pastikan telur itu jelek kualitasya 

2. Warna Kuning Telur 

Biasanya kita terbiasa dengan warna kuning telur yang kuning jelas, sebenarnya warna ini tidaklah warna yang ideal untuk kuning telur. Kuning telur ayam yang baik serta sehat idealnya berwarna oranye, semakin tua warna oranyenya semakin baik kualitasnya. Namun biasanya ayam yang hidup di peternakan ayam hanya makan pakan saja, jadi warna kuning telurnya lebih muda. 

3. Kekentalan Kuning Telur 

Coba pecahkan sebutir telur, cermati kuning telurnya. Kuning telur yang sehat serta baik akan terasa lebih kental saat disentuh, kuning telur juga terlihat lebih solid serta terlihat bulat sedikit cembung. Kuning telur yang mudah pecah serta bercampur dengan putih telur saat telur dipecahkan menandakan telur bermutu buruk. 

Satu laporan dari Oxford Journal mencatat apabila menambahkan konsumsi ayam dari beta karoten tingkatkan jumlah beta karoten yang ada di telur-telurnya. Journal of Agricultural Food Chemistry mengklaim apabila penambahan kandungan DHA dalam pakan ayam merubah omega-3 asam lemak yang di ketahui dalam telur-telurnya. 

Jika inginkan telur-telur dengan kualitas sempurna, Anda bisa memelihara ayam sendiri, atau dapatkan telur segera dari peternak yang membiarkan ayamnya berkeliaran di alam bebas serta dibudidayakan lewat cara organik, tidak ada pakan. sintetik maupun suntikan hormon. 

Telur dengan kualitas baik serta sehat jika di proses akan menghasilkan makanan dengan kualitas baik serta bergizi tinggi.