Bahaya..!!! Mulai Sekarang Jangan Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak,. Karena Ini Dia Tips Mengelola Daging Ayam Mentah, Tolong Jangan Diabaikan Kalau Anda Ingin Sehat..

Biasanya orang membersihkan daging ayam mentah sebelum dimasak. Alasannya untuk membersihkan daging, nyatanya kebiasaan itu salah. Membersihkan daging ayam mentah tidak membunuh kuman samasekali, malah berisiko menyebarkan bakteri ke permukaan perabot dapur, baju serta peralatan makan anda. Wah.. kok bisa ya? 

Berdasarkan riset, banyak orang yg tidak mengerti kalau membersihkan daging unggas mentah bisa menyebarkan bakteri serta tingkatkan resiko keracunan makanan pada tubuh. Bakteri yang disebut yaitu kampilobakter. Bakteri ini jadi salah satu penyebab paling umum seorang mengalami keracunan makanan. 

Selain kampilobakter, daging ayam mentah juga berpotensi mengandung bakteri yang lain seperti Salmonella, E. Coli, serta enterokokus. 

Bahaya Terinfeksi Kampilobakter 

Saat terinfeksi bakteri kampilobakter, gejala yang akan dirasa yaitu sakit perut serta diare. Gejala muncul dua sampai lima hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Keadaan bisa mengakibatkan komplikasi bila orang yang terinfeksi yaitu anak-anak, orang tua, atau mereka yang punya sistem kekebalan rendah seperti pengidap HIV serta kanker. 

Komplikasi yang bisa terjadi akibat infeksi kampilobakter yaitu : 
  • Infeksi menebar ke organ tubuh lain seperti sendi, hati serta pankreas. 
  • Keracunan darah atau septikemia. 
  • Keguguran pada ibu hamil. 
  • Sindrom Guillain-Barre (kelainan langka yang mengakibatkan kerusakan pada sistem saraf). 
  • Masalah yang enteng biasanya bisa diakukan dirumah tanpa butuh perawatan medis

Namun, segera ke dokter bila alami gejala-gejala ini : 
  • Kejang-kejang. 
  • Muntah 
  • kian lebih dua hari atau ada darah dalam muntahan. 
  • Diare selama lebih dari tiga hari atau ada darah di tinja Anda. 
  • Penglihatan ganda. 
  • Bicara tidak jelas. 
  • Perubahan mental. 
  • Tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, mata cekung, kurang buang air kecil. 

Ini Dia Tips Mengelola Daging Ayam Mentah : 

Daging ayam mengandung protein tinggi serta banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, serta vitamin B6 yang bermanfaat untuk tubuh. Jangan biarkan “tamu tak diundang” ikut masuk ke dalam tubuh Anda. Di bawah ini bisa jadi tips-tips yang bisa bermanfaat dalam memasak serta menyimpan daging ayam yang masih mentah. 

Cuci tangan Anda dengan bersih memakai sabun serta air hangat sebelum serta setelah menyentuh daging ayam mentah serta peralatan masak. Pakai handuk bersih untuk mengeringkan tangan serta memutar tutup keran. 

Daging ayam mentah tak perlu dicuci dengan air karena semua bakteri akan mati saat sistem memasak. Membersihkan daging cuma akan tingkatkan resiko penyebaran bakteri. 
  
Baiknya Anda punya peralatan masak sendiri untuk mengelola daging mentah agar bakteri tidak ikut menyebar ke makanan yang lain, seperti sayur-sayuran serta buah-buahan. 
  
Daging ayam mentah harus dimasak sampai masak, jangan pernah tersisa daging yang masih berwarna merah muda. 

Pastikan semua sisi diperiksa kematangannya, terlebih di bagian kaki. Sisi itu memerlukan waktu terlama dibanding yang lain. 

Penyimpanan daging ayam mentah mesti di perhatikan. Selalu taruh di wadah yang bersih serta tertutup. 

Bila Anda ingin mencairkan daging ayam beku, lebih baik cairkan didalam kulkas daripada mendiamkannya di ruang dapur. Anda juga bisa mencairkannya dengan merendamnya di air dingin bila daging ada didalam kemasan plastik. 

Daging ayam mentah biasanya dapat bertahan dua sampai tiga hari. Namun bila sudah berbau tidak enak, jadi daging sudah tidak bisa dikonsumsi. 

Membersihkan makanan tidak selamanya bermanfaat dalam singkirkan kuman. Usahakan untuk memasak makanan Anda dengan sempurna karena ini yaitu cara yang paling efektif. 

sumber:http://islamberadab.blogspot.co.id/2017/02/bahaya-mulai-sekarang-jangan-mencuci.html
....