Pernah Mengalami Kaki Kram saat tidur..?? Berikut ini adalah Langkah Pertama Pertolongan Kram kaki yang perlu kalian ketahui..

Kram 0t0t, yah hal sejenis ini berlangsung sekian kali saat saya bermain futsal dengan teman-teman, ini jalan saat setiap saya bermain futsal tiada pem4nasan dan selekasnya berlarilari. 

Kram 0t0t jalan akibat tubuh kehilangan garam dan cairan karena banyak keringat yang keluar. Kram rata-rata bisa sembuh dengan mereg4ngkan dan memijat 0t0t yang terserang. 

Kram yaitu kej4ng pada 0t0t yang mengakibatkan rasa sakit dan nyeri. Kej4ng 0t0t sering berjalan saat kita tengah tidur, tetapi bisa pula karena aktivitas Ús! k yang berat dan tidak lakukan pem4nasan lebih dulu terlebih dulu lakukan kesibukan olahraga jika kram didiamkan mungkin saja cedera yang fatal. 

Cara Pertolongan/Perlakuan Pertama Pada Saat Kram 

1. Kram pada kaki 

Korban dibantu berdiri dan berat tubuhnya ditahan dengan kaki sisi depan. Setelah ejang pertama berlalu, pijat kakinya. 

2. Kram pada betis 

Lutut korb4n diluruskan, kaki ditekan dengan ku4t dan mant4p ke atas menghadap ke tulang kering. Pijat 0t0tnya melalui langkah menekan untuk berikan dampak tenang pada 0t0t. 

3. Kram pada p4ha 

Untuk kram pada p4ha sisi belakang, lutut korb4n diluruskan lalu angkat kakinya. Untuk kej4ng pada p4ha sisi depan, lutut ditekuk. Pada ke-2 paha, pijat 0t0tnya ku4t-ku4t. 

Langkah yang sering kita saksikan dalam pertandingan yaitu medis menyemprotkan spray ke pemain yang terk4par karena kram atau cedera. semprotan itu bernama chlor ethyl. Dimana spray bermanfaat untuk menyingkirkan rasa nyeri/sakit yang berupa lokal. 

Langkah paling mudah untuk mengatasi kram yaitu dengan memoleskan di bagian yang kram salep khusus pereda nyeri 0t0t. Hal sejenis ini cukup membawa perubahan utama untuk meredakan nyeri akibat kram. 

Dengan obat- obatan pem4nas salep, balsem, atau koyo bermanfaat untuk memperlebar pemb*uluh d4rah sampai alir4n d4rah tidak terganggu karena kekuatan/kekej4ng4n 0t0t pada terjadinya kram. 

Semoga panduan diatas bisa bermanfaat untuk anda dan orang - orang di sekitaran anda, terima kasih