Mengerikan,! Ratusan Bayi Meninggal Dunia Karena Hal Sepele Ini, Bunda Mulai Saat Ini Janganlah Mengguncang Bayi Ke Udara..Tolong Sebarkan Buat Yang Lain


Ada orang-tua yang mengasuh anak bayinya dengan cara melempar-lemparkan ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa. Atau mengguncang-guncangkan tubuh dan bahunya keras sambil berekspresi gemas. Apabila anda lakukan demikian, jadi berhentilah segera. Bila saksikan orang lain berbuat demikian pada bayi mereka, cegahlah, karena sangat berbahaya untuk tubuh bayi. 

Tahukah Anda? Lebih dari setahun yang lalu nih sahabat, ahli kedokteran mengidentifikasi satu jenis penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” Salah satu pemicunya ini yaitu guncangan pada tubuh bayi. Sangat mengejutkan kan.. 

Di Jerman, rata-rata sekitaran 100 bayi setiap th. alami kerusakan kritis di otak karena mereka diguncang-guncang pengasuhnya. Laporan tentang angka itu berdasar pada sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memprediksi angka bayi yang alami trauma karena diguncang-guncang, sebenarnya lebih tinggi lagi. 

“Guncangan keras selama lima detik saja sudah cukup untuk mengakibatkan rusaknya beberapa fungsi otak, ” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi itu. ” 

Mengapa guncangan pada bayi bisa bermuara pada kematian? 

Menurut ahli kedokteran tadi, ini karena bayi yang masih begitu muda belum bisa menahan kepalanya sendiri karena otot lehernya yang lemah. Menyebabkan, apabila bayi terguncang badannya, kepalanya akan bergoyang ke depan dan belakang. 


Goyangan ini yang menyebabkan rusaknya otak dan pendarahan di dalam otak dan pada permukaan otak, sampai dapat menyebabkan masalah serius pada otak sang bayi, dan dapat mengakibatkan masalah yang jalan permanen, seperti 

1. Rusaknya otak 
2. Cerebral palsy 
3. Kebutaan 
4. epilator * dan 
5. Kesulitan berbicara 
6. Kesulitan belajar 
7. Kesulitan koordinasi 
8. Serangan jantung 
9. Keterbelakangan mental 

Tersebut di sini banyak hal yang perlu dijauhi bersama tips mencegah : 

- Janganlah pernah mengguncang tubuh bayi di bawah umur 3 th., dengan alasan apapun juga. 

- Saat Anda menggendong bayi anda, jangan sampai lupa untuk selalu menyokong kepala bayi anda dengan tangan. 

- Beritahukan pentingnya membuat perlindungan kepala bayi Anda pada pengasuh bayi anda. 

- Yakinkan biasanya orang yang dekat dan sering menggendong bayi anda kenali benar bahayanya seorang bayi jika diguncang-guncang atau digoyang. 

Pada beberapa orang anak bahkan bisa pula menyebabkan kematian. Ini dikenal dengan shaken-baby-syndrome. Kenapa mengandung resiko? 

Bayi memiliki kepala lebih besar di banding dengan anggota tubuh yang lain, dan otot lehernya tetap lemah. Jika diguncang, kepalanya akan tersentak ke depan dan ke belakang. Hentakan-hentakan itu akan mengguncang otak dan merusaknya. Pembuluh darah kecilnya akan ikut rusak, mengakibatkan pendarahan di otak dan sekitarnya, dan di mata bayi. 

Kemungkinan terbesar yaitu pada bayi dibawah setahun, namun tidak tutup kesempatan dapat jalan di usia yang semakin besar. Yang perlu diwaspadai yakni guncangan-guncangan ini dapat jalan jadi saat kita asik bermain dengan sang bayi. 

Karena itu ada banyak permainan dan kesibukan yang butuh dijauhi untuk mencegahnya, satu diantaranya : 

1. Melempar bayi ke hawa. 
2. Lari-lari sambil membawa bayi di punggung atau di kepala. 
3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki dan digoyang-goyang). 
4. Memutar bayi. 

Jangan sampai lupa mengingatkan beberapa orang di sekitaran Anda ya, sharing informasi ini sampai terbaca oleh saudara, pengasuh, kakek-neneknya, juga tetangga tidak untuk mengguncang bayi. 
(sumber media on-line)