BUNDA TOLONG DI BACA... LAKI-LAKI TOLONG SAMPAIKAN KEPADA ORANG YANG ANDA SAYANGI SEBELUM ANDA MENYESAL SEUMUR HIDUP

Pernah dengar jenis makanan apa saja yang tidak bisa dipanaskan? Iya, jawabannya tentu bayam. Tetapi tahukah bunda, tidak hanya bayam yang tidak bisa dipanaskan. Masih ada beberapa daftar makanan yang tidak bisa dipanaskan. 

Selain nutrisi yang hilang, ada beberapa alasan lain mengapa makanan ini tidak bisa dipanaskan. 


Daftar Makanan yang Tidak B0leh Dipanaskan 

1. Bayam 

Sayur yang satu ini tentu tidak asing lagi. Bayam memang tidak bisa dipanaskan berkali kali karena oksidasi yang terjadi pada bayam akan sangat membahayakn tubuh. 

2. Kentang 

Kentang juga hampir sama dengan bayam. Kandungan nutrisi pada kentang bakal menghilang bila kentang dipanaskan kembali. Diluar itu, bila sistem pemanasan terjadi berulang lagi resiko oksidasi akan terjadi. Kondisi ini justru akan sangat beresiko karena kentang tersebut akan berubah jadi beracun. 

3. Jamur 

Bila bunda telah terlanjur memasak jamur dalam jumlah yang cukup besar, lebih baik bunda mengkonsumsinya dalam kondisi dingin. Bunda tak perlu repot repot menghangatkan makanan ini. Soalnya bila bunda menghangatkan jamur yang ada protein dalam janur akan menghilang, bahkan lebih jelek lagi akan mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare atau perut merasa begah. 

4. Ayam 

Ini hampir sama dengan jamur. Bila ayam alami sistem pemanasan yang berulang bakal menyebabkan perubahan komposisi proteinnya. jka bunda ingin menghangatkan kembali, lakukan pemanasan pada api kecil serta saat yang relatif cukup singkat. Dengan cara itu bisa meminimalkan rusaknya zat gizi yang ada pada daging ayam. 

5. Telur 

Telur akan sangat membahayakan bila dipanaskan secara berulang lagi. Telur yang dimasak dalam kondisi bulat utuh akan lebih berbahaya lagi bila dipanaskan karena mungkin saja membuat telur jadi beracun. 

6. Seledri 

Sama seperti bayam, seledri ini dapat tidak baik bila dipanaskan secara berulang lagi. Seledri mempunyai kandungan nitrat seperti bayam yang bila dipanaskan akan berubah jadi asam nitrat. Asam nitrat ini yang beresiko memicu tumbuhnya kanker serta masalah uptake oksigen oleh hemoglobin. 

7. Gorengan 

Gorengan sebaiknya tak dipanaskan. Mengapa demikian? Iya, bila bunda memanaskan kembali gorenga yang telah dingin, minyak akan bertumpuk tumpuk digorengan serta meningkatkan kolesterol. 

8. Santan 

Menambahkan santan pada sayur kita memang gurih. Tetapi tahukah bunda, menghangatkan santan berulang lagi kali ini sangat tidak baik. Waktu sistem pemanasan terjadi berulang lagi, lemak yang ada pada santan akan beralih jadi lemak jahat yang beresiko menimbulkan kolesterol. 

9. Ubi 

Ubi memiliki kandungan nitrat seperti bayam serta seledri. Bila terlalu sering dipanaskan, kandungan nitrit ini akan sangat beresiko untuk badan. Sebaiknya segera mengkonsumsi ubi yang sudah dimasak agar manfaat yang didapat lebih maksimal. 

10. Brokoli 

Brokoli memiliki kandungan vitamin A serta C yang sangat baik untuk tubuh. Konsumsi brokoli secara teratur bisa membuat tubuh jadi sangat sehat. Tetapi brokoli ini memiliki karakter yang mirip dengan bayam. Brokoli juga mengandung nitrat seperti bayam. Nitrat ini akan beralih jadi asam nitrat yang menyebabkan tumbuhnya sel karsinogenik bila dipanaskan secara berulang lagi. 
  
Segera mengkonsumsi sayur brokoli yang telah masak. Untuk memperoleh hasil yang optimal dari brokoli ini, masak brokoli lewat cara dikukus. 

Itu tadi sebagian makanan yang masuk daftar tak bisa dipanaskan. Jangan karena alasan irit, bunda mempertaruhkan kesehatan keluarga.