Luar Biasa!! Hanya Butuh Waktu 30 Detik Saja, Hidung Tersumbat ((Sinusitis)) Hilang Seketika..Semoga Bermanfaat

Untuk melindungi kelembapan ruang di dalam sinus, kita memerlukan cairan mukus yang akan dibuang lewat saluran hidung serta tenggorokan. Cairan ini dibuang lewat lubang kecil yang menghubungkan sinus dengan hidung. Lubang ini sangat kecil sehingga jika seorang sedang alami hidung tersumbat karena pilek, jadi akan tertutup. 

Pada masalah lain, kita juga bisa temukan lubang yang tertutup akibat peradangan atau infeksi yang menyebar dari saluran pernapasan ke permukaan sinus. Keadaan ini juga dikenal dengan arti sinusitis. 

Akibat lubang yang tertutup cairan sekresi dari sinus akan terkumpul serta menyebabkan keluhan berbentuk rasa penuh, terhalang, nyeri kepala serta nyeri pada tempat sinus. Keluhan ini dapat sangat berat serta mengganggu manfaat kehidupan 
sehari-hari. 

Apa pun penyebab sumbatan sinus, ternyata kita bisa menolong mengatasinya dengan mengeluarkan lendir yang menumpuk dengan cara alami. Nah, ini dia beberapa cara yang dapat kita coba diantaranya : 

1. Pembersihan dengan Ibu Jari serta Lidah 
Dengan memakai teknik accupressure dan memperharikan prinsip anatomi letak organ, kita juga bisa bersihkan sinus kita. Hal ini bisa dilakukan dengan cara 

Simpan jempol atau jari telunjuk di antara kedua alis, tekan dengan kuat 
Dorong lidah dengan kuat keatas pada palatum (sisi keras rongga mulut, perbatasan dengan sisi lunak). usahakan menekan dengan cara mendatar, serta tidak menunjuk pada pada satu titik saja Pertahankan posisi ini selama 20-30 detik 

Kira-kira setengah menit, anda mungkin akan rasakan ada gerakan lendir di sekitaran hidung serta tenggorokan. Hal ini berarti cairan yang menumpuk pada rongga sinus mulai telah menemukan jalan keluarnya. 

2. Irigasi Nasal dengan Neti Pot 
Membersihkan hidung dengan memakai garam fisiologis (NaCl 0, 9%) adalah satu diantara cara paling efektif untuk membersihkan sinus. Hal ini di kenal jugadengan arti irigasi nasal. Neti pot adalah alat yang sering dipakai untuk memasukkan cairan salin kedalam satu lubang hidung serta mengeluarkannya dari lubang hidung yang lain. 

3. Uap panas 
Uap panas baik yang berasal dari shower, humidifier, atau air panas yang di taruh pada mangkok dipakai untuk melegakan serta membersihkan sinus. Uap panas akan mengencerkan lendir dan buka saluran sinus sehingga mempermudah pembuangannya.