Kabar Gembira Buat Para Bunda!!! Ini dia Tips dan Trik agar Tumisan Kamu Makin Lezat dan Bikin Suami Anda Semakin Betah Makan Dirumah Mohon Sebarkan Ke Bunda Yang Lain

Salah satu cara terbaik untuk memasak sayuran adalah dengan cara ditumis. Cara ini memakai sedikit air, sedikit minyak, panas tinggi, serta saat masak yang sebentar hingga nutrisi yang terdapat dalam sayur tetap terbangun. Selain itu, menumis juga tidak rumit dilakukan, hingga sering jadi pilihan apabila Anda tidak memiliki saat lama untuk memasak. 

Dalam cara membuat tumis sayuran yang lezat, Anda memperhatikan bumbu yang Anda pakai. Penambahan bumbu tidak hanya utama untuk memberi cita rasa, namun juga untuk meningkatkan nutrisi sajian. Sebagian tips di bawah ini dapat menolong Anda : 

1. Pakai Sedikit Lemak Sehat 

Berbeda dengan sayuran yang dikukus atau direbus, menumis memang memakai sedikit minyak atau margarin. Hal ini tidak hanya menolong sistem menumis serta membuat masakan jadi lebih lezat, namun juga menolong tubuh memaksimalkan berbagai zat gizi larut lemak. Beberapa zat gizi, seperti vitamin A, D, E, serta K larut dalam lemak, hingga penyerapannya dalam tubuh bisa ditingkatkan bila dikonsumsi bersama lemak. Pakailah minyak yang lebih tahan pada suhu tinggi seperti peanut oil atau canola oil, karena kedua jenis minyak itu memiliki smoke point pada suhu yang lebih tinggi. 

2. Padukan dengan Vitamin C 

Zat besi terdiri jadi 2, yakni haem serta non-haem. Zat besi jenis haem biasanya ditemukan pada bahan makanan hewani, sedang zat besi non-haem, terdapat banyak pada sayuran seperti bayam serta brokoli. Zat besi jenis non-haem lebih susah diolah tubuh serta penyerapannya tergantung pada kehadiran zat gizi lain yang dapat menghambat atau memaksimalkan penyerapan zat besi. Vitamin C adalah salah satu jenis zat yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi jenis non-haem. Karenanya, sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dapat Anda berikan setelah menumis sayuran. Jangan memberikan jeruk nipis atau lemon ketika sistem memasak karena vitamin C akan mudah rusak pada suhu yang tinggi (±70℃). 

3. Perkaya Aroma Sajian 

Aroma sayuran yang ditumis akan semakin lezat apabila ditambahkan dengan bahan yang aromatik seperti bawang putih, bawang merah, serta cabai. Sebelum lidah Anda merasakan lezatnya sajian Anda, indera penciuman Anda telah dimanjakan lebih dulu dengan aroma lezat bahan-bahan itu.